Selasa, 05 Mei 2009

Tajuk Rencana

Semua Ngotot Ingin Jadi Presiden

Semua partai sudah disibukkan dengan kegiatan untuk membangun koalisi. Seolah-olah hasil penghitungan sementara yang baru mencakup sekitar 8 persen suara sesuai dengan quick count, sudah dianggap final. Mengesankan, bahwa angka persentase itu sudah diperlakukan sebagai landasan untuk membangun koalisi. Kalau nanti penghitungan manual yang akan dijadikan keputusan resmi berbeda, bisa saja mengganggu formula koalisi. Semua calon yang yang ikut berkoalisi berlomba-lomba untuk mengatur rencana dan membentuk formasi dalam koalisi presiden. Baik itu bekerja sama dengan calon dari partai lain maupun calon dari partainya sendiri. Calon- calon tersebut mempunyai ambisi besar dalam menempati kursi presiden. Bahkan banyak formasi yang ditawarkan karena tidak banyak pihak yang mau, hanya menjadi wakil presiden saja. Hal ini menimbulkan banyak persepsi yang bermacam- macam terhadap koalisi presiden saat ini.

Semua calon yang ikut berkoalisi seakan- akan tidak ada yang bersedia menjadi wakil presiden. Semua optimis akan mendapatkan suara terbanyak dan ngotot ingin menjadi presiden. Walau banyak partai yang kurang mendapatkan dukungan dalam pemilihan legislative, namun mereka tetap optimis maju mencalonkan dirinya dan yakin bahwa hasil dari pemilihan legislative tersebut tidaklah mempengaruhi hasil dari pemilihan presiden mendatang. Mereka beranggapan kalau yang bertanding yakin kalah, tentu tak akan bertanding, dan sebaliknya.

Optimis dalam suatu hal itu perlu, namun kita sebagai mahluk sosial juga tidak boleh bersikap egois dan memaksakan kehendak. Sebab banyak orang lain juga yang mempunyai hak yang sama pula dengan kita. Dalam upaya memajukan bangsa kearah yang lebih baik, kita tidak boleh beranggapan kita saja yang mempunyai suara paling benar. Kita harus mau menerima masukan dan memberikan kesempatan agar terjalin suatu perkembangan yang lebih baik. Semua calon memang ingin menjadi presiden, namun siapakah yang akan melengkapi hal tersebut. Suatu sistem tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak terlengkapi dan tidak adanya kerjasama yang saling membantu.

Muhammad Krista A.

153070244

Tidak ada komentar:

Posting Komentar