Rabu, 18 Maret 2009

"Perbedaan Hard news dan Softnews"

A. Hard News
Berita hard news adalah berita yang lugas, singkat, langsung ke pokok persoalan dan fakta-faktanya. Berita jenis hard news harus memenuhi unsur 5W +1H secara ketat dan harus cepat-cepat dimuat, karena terlambat sediki bisa basi. Istilah hard news lebih mengacu ke isi beritanya, sedangkan istilah straight news lebih mengacu ke cara penulisannya.

B. SoftNews
Berita softnews adalah berita dari segi struktur penulisan lebih luwes, dan dari segi isi tidak terlalu berat. Softnews umumnya tidal terlalu lugas, tidak kaku, atau ketat,khususnya dalam soal waktunya misalnya tulisan untuk menggambarkan kesulitan yang dihadapi masyarakat kecil akibat krisis moneter (ekonomi) akhir-akhor ini. Selama krisis itu masih berlanjut, berita itu masih bisa diturunkan.
Dari segi bentuknya, softnews masih bisa diperinci lagi menjadi dua : news feature dan feature. Feature adalah sejenis tulisan khas yang berbentuk luwes, tahan waktu, menarik strukturnya tidak kaku, dan biasanya mengangkat aspek kemanusiaan. panjang tulisan feature bervariasi dan boleh ditulis seberapa panjang, sejauh masih menarik.
Sedangkan news feature adalah feature yang mengandung unsur berita. Misalnya, tulisan yang menggambarkan peristiwa penangkapan seorang pencuri oleh polisi, yang diawali kejar-kejaran, tertangkap, lepas lagi dan semua liku-liku proses penangkapan itu disajikan secara seru dan menarik (dramatis).

nama : Ucha Fernandez
nim :153070327

Tidak ada komentar:

Posting Komentar