Senin, 04 Mei 2009

TUGAS FEATURE

"Kisah pemuda yang menghabiskan waktu untuk mencari nafkah""

Banyak pedagang yang berjualan ditempat wisata belanja diJogjakarta, yang sangat terkenal yaitu Malioboro. Beragam merchandise oleh-oleh khas Jogja yang dijual disitu.
Salah satu penjual diMalioboro yang membuka kios atau dagangan kaos yang bernama Eko, seorang remaja berumur 20 tahun tamatan STM yang telah kehilangan waktu bermainnya karena menjaga kios kepunyaan pamannya. Eko sendiri sudah menjaga kios kepunyaan pamannya itu semenjak umur 15 tahun, karena factor ekonomi keluarga yang mengharusakan Eko untuk mencari uang saku tambahan sendiri. Dulu kios milik pamannya tidak menjual kaos, melainkan pernah menjual perak dan kacamata namun yang paling laku adalah berjualan kaos seperti sekarang ini. Keseharian Eko setelah tamat STM hanya menjaga kios milik pamannya, tidak ada kegiatan lain, mulai dari 10 pagi sampai 9 malam. Uang yang didapat pun tidak seberapa, karena dari 1 penjualan kaos Eko hanya mendapat Rp.2500,00 dan upah dari pamannya yang tidak tentu. Terkadang Rp.10.000,00 atau Rp.20.000,00. namun ini hanya sebagai batu loncatan ujar Eko. Karena Eko sendiri adalah lulusan tehnik di STM tempat dia bersekolah dulu.
Penjualan kaos yang tidak menentu, kadang sehari 5 kaos terjual dan terkadang tidak terjual satupun, ketika musim libur Eko mendapatkan panen yang luar biasa, sehari bisa terjual 100 kaos tutur Eko, bahkan ada turis manca yang juga membeli di kios Eko. Dan Eko biasanya sering salah paham terhadap turis manca dikarenakan factor bahasa inggris yang kurang mahir.”lha wong jowo dikon bahasa inggris kelakar Eko.”yang disambut gelak tawa beberapa temannya yang kebetulan menemani Eko menjaga kios. Lalu Eko pun sedikit mengeluh karena tidak ada waktu untuk bermain dan pacaran. Lagi-lagi faktor ekonomi yang membuat Eko harus membanting tulang melewati masa mudanya untuk mencari nafkah.

Nama : Ucha fernandez
NIM : 153070327

Tidak ada komentar:

Posting Komentar